Cara Mengubah Bentuk Pecahan ke Bentuk Desimal atau Sebaliknya dengan Praktis

Secara sederhana untuk mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal adalah dengan mengubah penyebutnya menjadi per 10, atau per 100, atau per 1.000, atau per 10,000 dan seterusnya disesuaikan dengan kondisi soal yang ada.

Sebelum lanjut jangan-jangan Anda sudah lupa apa itu penyebut dan apa itu pembilang pada pecahan. Misalkan bilangan pecahan itu adalah a/b maka yang disebut dengan pembilang adalah bilangan a dan yang dimaksud dengan penyebut adalah bilangan b.

Ayo kita simak bagaimana mengubah penyebut dari suatu pecahan agar menjadi per 10, per 100, per 1.000 . Kuncinya disini adalah harus sudah hafal betul atau paham dengan perkalian 1 sampai dengan perkalian 10. Sebab itu adalah sebuah dasar dalam hitung-menghitung.

Cara mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal

Contoh :
Suatu bilangan pecahan yaitu 2/5 =====> 5 itu adalah penyebut, 5 inilah yang di ubah, dalam kasus ini maka 5 dijadikan 10 dengan mengalikan bilangan 5 dengan 2 sehingga hasilnya menjadi 10. Sesuai aturan yang sudah ada bahkan mungkin sudah diperkenalkan bagaimana mencari pecahan senilai, konsep itulah sekarang berlaku. Bahwa pembilang harus juga dikalikan dengan 2 sehingga pecahan tersebut menjadi senilai yaitu 4/10.

Kesimpulannya adalah baik itu pembilang ataupun penyebut harus dikalikan dengan bilangan yang sama supaya tidak mengubah dari nilai pecahan tersebut.

Dengan demikian maka akan menjadi :
2/5 = 4/10 ======> pecahan desimalnya adalah 0,4

Contoh lain dengan analogika yang sama seperti di atas adalah :
3/20 = 15/100 ======> pecahan desimalnya adalah 0,15
8/25 = 32/100 ======> pecahan desimalya adalah 0,32
3/8   = 375/1000 ======> pecahan desimalnya adalah 0,375

Nah, Bagaimana apakah sudah paham dengan langkah di atas?
Jika sudah paham permasalahannya sekarang adalah, bagaimana jika penyebut tersebut tidak bisa dijadikan per 10, atau per 100 dan seterusnya atau juga angkanya terlalu besar untuk mengubahnya?

Artikel terkait : Cara mengurutkan berbagai bentuk  pecahan

Dalam kasus ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pembagian langsung, tapi tidak pakai kalkulator ya karena disini sifatlah adalah belajar. Pembagian langsung yang dimaksud adalah dengan istilah bagi kurung.

Mari kita coba :
Misal pecahannya adalah 3/6. Berapakah pecahan desimalnya?
Yang bisa dilakukan adalah dengan membagi bilangan 3 dengan 6 hasilnya adalah 0,5

Berikutnya bagaimana jika angka pecahan tersebut adalah besar-besar? Bisa di siasati dengan mengubah pecahan tersebut menjadi ke bentuk yang paling sederhana agar bilangannya kecil saat melakukan pembagian.

Contoh :
Berapakah pecahan desimal dari 12/124?

Caranya adalah :
Kalu mau langsung lanjut saja 12 dibagi 124.
Tetapi jika merasa bilangan tersebut adalah nilainya besar maka ubahlah menjadi ke yang paling sederhana sehingga menjadi :

12/124 = 3/31 langkahnya adalah 3 dibagi 31 hasilnya adalah 0,967 (diambil tiga bilangan dibelakang koma karena hasilnya tidak bulat)

Jadi demikianlah langkah praktisnya jika ingin mencari atau mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal.

» Thanks for reading Cara Mengubah Bentuk Pecahan ke Bentuk Desimal atau Sebaliknya dengan Praktis